Rabu, 19 Oktober 2011

Perbedaan Anak Sulung & Anak Bungsu

   Apakah kamu orang yang sangat rapi? Apakah kamu selalu berusaha memadu-padankan warna baju kamu? Apakah kamu suka membuat daftar apa saja? Kalau ya,besar kemungkinan kamu adalah anak pertama di keluarga kamu.
   Urutan lahir memang disimpulkan mempengaruhi kepribadian serta ikut menentukan berbagai aspek kehidupan manusia.Namun,bukan berarti faktor urutan lahir menjadi dalam bentuk watak,melainkan hanya salah satu dari banyak yang menjadi faktor paling penting dalam perkembangan kepribadian.
   Penasaran bagaimana watak umum seorang anak sulung dan anak bungsu?
Ada nih uraiannya!!...


Jika kamu anak sulung....
   Anak sulung umumnya berprestasi tinggi dan sangat teliti,bisa diandalkan,dan setia.Mereka juga berpikiran ilmiah,meski tidak setiap saat.Orang yang lahir sebagai anak pertama lebih merasa nyaman berada di posisi pengendali situasi.
   Mengapa semua watak itu melekat pada anak pertama? Faktor orang tua lah yang berperan.Bayi pertama dalam keluarga mendatangkan kegembiraan dan pengharapan bagi orang tua.Pada saat yang sama si sulung dituntut dan bahkan ditekan orang tua untuk menjadi yang terbaik.
    Akibatnya anak sulung terpecah menjadi 2 tipe.Tipe pertama adalah anak sulung yang dapat diandalkan dan selalu ingin menyenangkan orang lain.tipe kedua adalah anak sulung yang berkeinginan  kuat dan agresif.Bukan mustahil seorang anak sulung masuk ke dalam 2 tipe sekaligus.
    Umumnya anak sulung cepat matang dan menjadi "orang dewasa cilik"sebelum waktunya.Jika anak sulung berjenis kelamin perempuan,dia mungkin memeng peran "ibu"bagi adik-adiknya.Jika dalam keluarga ada anak bungsu berjenis kelamin laki-laki,si bungsu itu mungkin akan diasuh oleh kakak sulung berjenis kelamin perempuan bahkan hingga usia dewasa.Sedangkan adik laki-laki yang lebih tua memperlakukan kakak sulung perempuannya dengan hormat atau sebagai pesaing.
     Anak tunggal cenderung menunjukkan sifat menyerupai anak sulung loh!!..Bedanya,anak tunggal lebih berapi-api.
     Berikut ini adalah beberapa saran bagi anak sulung:

  • Santai aja.Banyak anak sulung yang terllu aktif dan begitu dewasa menjadi gila kerja.
  • Belajarlah mengatakan "tidak".Jangan berusaha mengerjakan segala sesuatu atau menjadi segala sesuatu bagi setiap orang.
  • Jangan berusaha mencari kesempurnaan.
  • Teruslah memperhatikan detail.
  • Teruslah menjaga kerapian.
  • Kembangkanlah sifat humoris.
 Jika kamu anak bungsu....
      Anak bungsu adalah bintang keluarga,bintang pesta,dan bintang di segala tempat.Si bungsu berpenampilan menarik,suka memanipulasi dengan cara yang ramah,dan berhasrat besar meninggalkan jejak kakimereka di dunia.Mereka juga sukar berkonsentrasi dan senang beredar kemana-mana.Anak bungsu suka mendapat perhatian dan kerap menjadi badut atau penghibur keluarga.Karena suka berhubungan dengan manusia,merekacocok menjadi tenaga pemasaran.
       Anak bungsu memiliki sifat pede yang berlebihan.Mereka tak peduli akibat dari tindakan atau keputusa mereka.Meski tidak berpikiran rumit dan sangat penyayang,anak bungsu bisa juga menjadi pemberontak,temperamental,manja,dan tidak sabaran.
        Sebaiknya anak bungsu belajar untuk rapi,menerima lebih banyak tanggung jawab,dan mengurangi sifat egois,dan mau mengakui kesalahan tanpa menyalahkan orang lain.
        Terakhir: Jangan terlalu mencari perhatian.

2 komentar:

Posting Komentar